Tuesday, 18 July 2017

Olos, Bola - Bola Kangkung Mercon So Good

Hi guyysss...

Hari ini aku mau ngepost lagi tentang makanan khas Kota Tegal.. Olos.. . Ada yang sudah tau apa itu Olos??

Baca juga disini : Olos, Little Spicy From Tegal

Olos itu sebuah makanan khas Kota Tegal, yang berbentuk bulat, ada sayurnya dan kalo di makan itu pedes mak nyesss.. pokoke bikin nagih.. :D

Awalnya olos pertamakali dibuat di daerah Jatirawa-Kabupaten Tegal, dan seiring dengan berjalannya waktu olos pun sekarang menjadi banyak varian, Nah.. kali ini saya akan share sedikit kreasi olos, yaitu olos bola bola mercon kangkung so good.

Untuk resepnya pada dasarnya hampir sama dengan resep olos pada umumnya, sangat mudah dan bikin nagih. Hanya saja kali ini akan saya kreasikan dengan kangkung dan so good chicken stick premium.

Pasti semua pada tanya.. kenapa saya pilih kangkung?? Ya karena kangkung itu banyak sekali kandungan gizi nya..

Siapa sih yang nggak kenal dengan sayuran yang satu ini, harganya yang murah dan lezat jika dimasak membuat banyak orang suka sayuran ini.

Kangkung biasanya tumbuh dipinggiran sawah, sungai maupun sengaja ditanam oleh orang. Kangkung yang mempunyai nama latin Ipomoea aqatica (untuk kangkung air),  Ipomoea reptana (untuk kangkung darat) pada awalnya berasal dari India, dan kemudian  menyebar ke wilayah Malaysia, Indonesia, China Selatan, dan Afrika.

Di Negeri Tiongkok, Kangkung dikenal dengan nama Weng Ca, sementara kalau di Eropa, Kangkung disebut Swamp Cabbage, atau Water Spinach. 

Tanaman Kangkung masuk ke dalam suku Convolvulaceae atau keluarga kangkung-kangkungan. Kangkung merupakan tanaman yang tumbuh cepat dan sudah memberikan hasil hanya dalam waktu 4 - 6 minggu. Sementara dalam satu musim, kangkung bisa tumbuh dengan panjang 30- 50 cm.

Menurut wikipedia, kandungan tanaman kangkung sebagai berikut :

Jadi nggak ada salahnya untuk menambahkan berbagai macam gizi di kudapan camilan sehari-hari.

Ga usah pake lama, langsung cek cara bikinnya..

Bahan kulit :
1. 1/2 Tepung Tapioka
2. 1/4 Tepung Terigu
3. Garam secukupnya
4. Air dingin secukupnya
5. Daun seledri yang dicincang halus

Adonan isi :
1. 1 ikat kangkung
2. Cabai rawit
3. Garam secukupnya
4. 2 siung bawang putih
5. 3 siung bawang merah
6. Penyedap rasa secukupnya
7. So Good Chicken Stick Premium

Cara Membuat :

1. Untuk kulit olos, campurkan semua bahan adonan kemudian tambahkan air dingin yang sudah disiapkan sedikit demi sedikit sampai adonan kalis dan tidak lengket.

2. Untuk isiannya cincang kangkung, bawang putih, bawang merah. Kemudian haluskan cabai dan garam. Setelah itu tumis semua bahan sampai layu dan sisihkan.

3. Kemudian bentuk bulat-bulat kulit olos, isi dengan tumis kangkung, cabai rawit dan potongan So Good Chicken Stick Premium

4. Setelah itu goreng bulatan olos yang telah selesai di isi dengan isian tadi, pastikan api jangan terlalu besar agar bulatan olos bisa matang rata.

5. Selesai,, olos bisa langsung di hidangkan selagi hangat. Bisa juga di tambah saus tomat atau mayonaise untuk cocolan.

Nah, itu resep cara membuat olos bola bola mercon so good , gampang, mudah dan bisa di praktekan di rumah masing-masing..

Buat kamu yang suka masak atau suka berkreasi masak, bisa ikutan Lomba Kreasi Masak Ramadhan dan Idul Fitri ala So Good. Paling lambat tanggal 23 Juli 2017, untuk info lengkap bisa kunjungi di www.bloggerperempuan.co.id/sogood 

Reaksi:

6 comments:

  1. Baru tauu olos ini mas, mauuu dong dikirim di mari heheheh

    ReplyDelete
  2. Baru tahu olos...
    Kapan dipraktekkin...semoga berhasil mraktekkannya.

    Jempol mas Yosh, Tq resepnya

    ReplyDelete
  3. Wah, dapet inspirasi camilan lagiii. Makasih resep olos nya Om Yosh..

    ReplyDelete
  4. Wah, dapet inspirasi camilan lagiii. Makasih resep olos nya Om Yosh..

    ReplyDelete
  5. Belum pernah denger dan belum pernah nyobain olos. Jadi kapan Mas Yosh mau bagi bagi Olos? Hihi..
    Aku salut ih sama mas Yosh, hobi dan pinter masak. Aku malah hobinya makan doang.. Haha *ngrayu sik ben dibikinin olos.

    ReplyDelete

Thanks for your positive comment..