Thursday, 7 September 2017

Pisang Cavendish Senjata Andalan Ibu Hamil

Pisang adalah salah satu buah favorite yang tumbuh subur di wilayah Asia terutama di Asia Tenggara. Di Indonesia buah pisang merupakan buah yang sangat populer keberadaanya. Jenisnya pun sangat beraneka ragam. Ada yang bisa langsung dimakan jika sudah matang seperti pisang mas, pisang susu, pisang ambon, dan ada juga yang lebih enak jika goreng misalnya pisang raja, pisang tanduk. Serta ada juga jenis pisang kepok yang lebih enak jika dibuat produk makanan misalnya karanggesing atau kolak.

Berdasarkan hasil penelitian para ahli gizi, buah yang satu ini banyak sekali mengandung bahan-bahan yang diperlukan oleh tubuh manusia. Diantaranya adalah kalsium, lemak, kalium, vitamin, karbohidrat, serta protein. Misalnya, ketika seorang perempuan sedang hamil, dikarenakan buat yang satu itu mengandung banyak mineral yang diperlukan tubuh sebaiknya banyak-banyak mengkonsumsi buah pisang.



Panen Pisang Cavendish
(Credit to Google)
Kebun Budidaya Pisang
(Credit to Google)
Kebun Budidaya Pisang
(Credit to Google)




Lantas apa sebenarnya manfaat buah pisang bagi ibu hamil??




Selama masa kehamilan terjadi banyak perubahan pada tubuh. Dalam masa kehamilan itu biasanya akan mengalami pertambahan berat badan 11 hingga 15 kg. Pertambahan berat badan tersebut biasanya disebabkan oleh adanya peningkatan sirkulasi darah, peningkatan ukuran payudara, peningkatan cairan ketuban, sejumlah kecil lemak ekstra, dan adanya bayi yang dikandung. Untuk mengimbangi perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh ibu hamil, maka dibutuhkan asupan bermacam-macam gizi. Salah satunya yang terdapat dalam buah pisang. Buah pisang bisa dibilang makanan segar yang sebaiknya dikonsumsi lebih sering selama masa kehamilan, dikarenakan mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat seperti Vitamin B6, folat, vitamin C dan lain sebagainya.


Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini :

Energi.
Kebutuhan energi pada trimester I akan meningkat, kemudian di trimester II dan III kebutuhan akan energi terus meningkat sampai akhir kehamilan dan melahirkan. Energi tambahan untuk trimester II diperlukan seorang yang sedang mengalami kehamilan untuk pemekaran jaringan ibu seperti, penambahan volume darah, pertumbuhan uterus dan payudara, serta penumpukan lemak. Sedangakan untuk trimester III, energi tambahan akan digunakan untuk pertumbuhan janin dan plasenta. Dengan makan dua buah pisang dalam sehari akan membantu memenuhi sebagian besar kebutuhan energi ekstra tersebut.

Karbohidrat.
Energi tambahan yang sangat diperlukan selama masa kehamilan yang paling utama harus berasal dari karbohidrat dan protein, dan sedikit lemak. Buah Pisang merupakan sumber karbohidrat yang sangat baik. Karbohidrat pada buah pisang terbentuk dari gula alami dan sedikit amilum (pati) dalam buah pisang itu sendiri.

Turunan Karbohidrat


Protein.
Protein sangat dibutuhkan selama masa kehamilan untuk mendukung pertumbuhan sel baru pada ibu dan bayi dalam kandungan, terutama pada trisemester II dan III. Sekitar sedikitnya kurang lebih 14 gram protein dibutuhkan oleh ibu hamil, dan itu bisa didapat dengan mengkonsumsi telur, roti, dan tentu saja buah pisang.


Vitamin B6.
Vitamin B6 juga dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membentuk jaringan sehat, membuat sel-sel darah merah, dan membawa impuls syaraf. Ibu hamil yang mengkonsumsi dua buah pisang perhari dapat membantu membantu kebutuhan vitamin B6 yang biasanya naik hingga 1,9 mg per hari.
Rumus Struktur Vitamin B6


Folat.
Senyawa Folat juga dibutuhkan untuk pertumbuhan sel-sel baru terutama untuk pertumbuhan sel darah merah. Kekurangan folat akan berpotensi menimbulkan kelainan tulang belakang pada bayi. Sayuran berdaun hijau, ekstrak ragi, dan hati sebenarnya merupakan sumber folat yang palling baik, akan tetapi buah pisang juga bisa berkontribusi menyumbang folat pada saat kehamilan.
Rumus Struktur Folat


Vitamin C.
Vitamin C (Ascorbic Acid) sangat diperlukan untuk membentuk pembuluh darah, kulit, gusi, dan bahkan tulang. Vitamin C yang dibutuhkan oleh ibu hamil selama masa kehamilan biasanya meningkat dari 45 mg – 60 mg per hari. Sumber vitamin C yang cukup baik bisa didapatkan dari buah pisang. Ibu hamil yang mengkonsumsi 2 buah pisang setiap hari akan dapat membantu memenuhi setengah dari kebutuhan harian vitamin C pada saat kehamilan.
Rumus Struktur Vitamin C


Zat besi.
Zat besi sangat diperlukan untuk kesehatan darah, terutama untuk membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh, membantu pertumbuhan dan menambah nafsu makan. Kebutuhan akan zat besi pada saat hamil bisa melonjak naik drastis dari 18 mg menjadi 27 mg. Dengan memakan satu pisang per hari ukuran sedang dapat menyediakan sekitar 0,5 mg zat besi, karena vitamin C yang dikandungnya sangat membantu penyerapan zat besi dari usus.


Pisang Pasti Sunpride Bagus untuk Ibu Hamil

Setelah mengetahui kandungan senyawa pada buah pisang diatas, mungkin Anda akan bertanya-tanya, jenis pisang apakah yang bagus dikonsumsi untuk ibu hamil??

Beberapa orang menganggap bahwa pisang ambon berbahaya bagi ibu hamil, bahkan mungkin sampai sekarang. Mitos tersebut telah ada dimasyarakat sejak jaman dahulu kala dan tidak bisa dibuktikan secara medis. Namun ternyata dari hasil riset beberapa ahli, pisang ambon merupakan buah yang paling banyak mengandung senyawa-senyawa yang dibutuhkan oleh ibu hamil seperti yang telah saya sebutkan diatas.







Pisang Ambon Putih atau biasa disebut juga sebagai Pisang Cavendish merupakan jenis buah pisang yang paling banyak dikonsumsi sebagai buah meja dirumah. Dari namanya Anda pasti mengira bahwa buah ini berasal dari luar negeri, tak salah tapi juga tak mutlak benar. Selama ini memang Pisang Cavendish yang sering kita temui ada di supermarket merupakan buah impor. Hal ini patut disayangkan sebab jenis pisang Cavendish juga ada yang berasal dari Indonesia, terutama di daerah Lampung.




Pisang Cavendish sangat populer di Indonesia terutama dikota - kota besar karena memiliki rasa yang khas dan memiliki warna yang biasanya kuning cerah jika sudah matang. Istimewanya, pisang ini tidak mudah rusak dikarenakan kulitnya yang cukup tebal. Di Indonesia Pisang Pasti Sunpride Cavendish lazimnya dijadikan buah pencuci mulut karena lebih praktis dan lebih menggugah selera.


Map Lokasi Budidaya Pisang Sunpride Cavendish

Menurut bacaan literatur Pisang Pasti Sunpride yang beredar dipasaran yang berasal dari Lampung banyak dikembangkan melalui teknik kultur jaringan. Hal ini berbeda dengan pisang-pisang pada umumnya yang dibudidayakan dengan teknik anakan. Pohon pisang cavendish yang dikembangakan melalui teknik kultur jaringan memiliki tinggi maksimal sekitar 3 meter, dengan warna pohonnya yang hijau kehitaman dan daunnya memiliki warna hijau tua. Jika sudah berbuah, pohon pisang cavendish akan menghasilkan tandan dengan panjang antara 60-100 cm, setiap tandan biasanya dipenuhi 8-12 sisir, dan setiap sisir terdapat kira-kira 12-23 buah.

Sama seperti jenis pisang lainnya, cavendish juga memiliki senyawa aktif yang baik untuk tubuh , jadi sangat wajar jika pisang cavendish memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh terutama untuk ibu hamil. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mengkonsimsi pisang Cavendish terutama untuk ibu hamil.









Bahaya Buah Pisang Bagi Ibu Hamil


Rumus Struktur Kitin
Meskipun buah pisang memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan oleh ibu hamil, namun ternyata menurut para ahli medis buah pisang juga memiliki kandungan kitinase, yaitu sejenis alergen yang terkait dengan lateks buah. Orang yang memiliki alergi terhadap lateks sangat dianjurkan untuk menghindari buah yang mengandung kitinase, untuk itu segera periksakan diri Anda untuk menjaga resiko apakah Anda tergolong alergi terhadap lateks atau tidak. Selain buah pisang ada beberapa buah lain yang perlu diwaspadai karena mengandung kitinase antara lain buah alpukat dan kiwi.




Tips Mengkonsumsi Pisang Pasti Sunpride :
Untuk menghindari rasa bosan makan buah pisang cavendish secara konvensional, mungkin ini ada sedikit variasi yang bisa anda gunakan untuk menikmati Pisang Cavendish tanpa rasa bosan :
1. Konsumsi Pisang dengan Susu
2. Coba untuk membuat banana shake
3. Smoothie pisang dengan madu



Reaksi:

2 comments:

Thanks for your positive comment..