Responsive Ad Slot

Latest

latest

Doa Dan Harapan Di Momen Ramadhan 1440 H

“Wahai Ya Rab kami… terimalah puasa kami, sholat kami, ruku’ kami, serta sujud kami dan tilawah kami. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”.

Senin, 03 Juni 2019

/ by Misterransel

Doa Dan Harapan Di Momen Ramadhan 1440 H



Tak terasa waktu cepat berlalu dan kini sekarang kita sudah berada di hari ke 29 ramandhan 1440H, yang itu berarti sebentar lagi tinggal menghitung jam bulan suci ramadhan akan pergi. Nggak bisa dipungkiri dengan kasat mata terlihat jelas jika perhatian masyarakat sudah tertuju pada persiapan – persiapan menjelang lebaran, mereka disibukkan dengan hiruk pikui persiapan lebaran. Mall – mall makin padat, rumah pun juga ada yang sudah berganti warna dan makanan enak tersaji dengan komplitnya.




Doa Dan Harapan Di Momen Ramadhan 1440 H



Jika dibandingkan dengan para sahabat dan salafus shalih, yang semakin dekat dengan akhir lebaran beliau digelayuti rasa kesedihan yang mendalam. Eufioria kegembiraan idul fitri sudah pasti juga mereka rasakan, akan tetapi moment akhir ramadhan yang diliputi rasa kesedihan akan ditinggal bulan suci ramadhan tidak tampak. Kita lebih sibuk keluar masuk mall untuk mempersiapkan moment lebaran.


Yang perlu menjadi pertanyaan dan semoga bisa menjadi suri tauladan bagi kita semua adalah mengapa para sahabat nabi dan juga orang – orang yang shalih akan merasa sedih jika bulan suci ramadhan berakhir????? Untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan itu alangkah lebih baik kita telisik satu persatu.


Sudah selayaknya orang yang sangat beriman kepada Allah SWT akan merasa sangat sedih bila bulan suci ramadhan akan pergi, karena bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan berkah dan juga banyak sekali keutamaan yang menyertai bulan ramadhan. Di bulan ramadhan pula semua pintu surga dibuka, setan semua dibelenggu agar tidak mengganggu kekhusukan dalam menjalankan ibadah puasa. Dari sini bisa diartikan semua umat muslim sedang dalam puncak kebaikan.


Dibulan ramadhan juga semua amal kebaikan akan dilipat gandakan, jadi selama bulan ramadhan perbuatan amal sekecil bibit jamur akan dilipat gandakan.


Doa Dan Harapan Di Momen Ramadhan 1440 H




Semua keutamaan bulan ramadhan tidah akan didapati lagi ketika bulan ramadhan itu telah pergi. Dan jika menghendaki keutamaan ramadhan kita harus sabar menanti selama setahun kedepan. Padahal umur seseorang tidak lah bisa diprediksi. Maka sudah sepantasnya para sahabat merasa sedih jika bulan ramadhan berakhir.


Ramadhan menjadikan seseorang diampuni dosanya.
Jika seseorangsudah mendpati bulan ramadhan maka selama sebulan kedepan nisycaya akan disertai keutamaan dan berpeluang besar mendapatkan pahala dan ampunan.


Akan tetapi yang jadi permasalahan adalah tidak satu orangpun yang mengetahui apakah dalam bulan ramadhan akan mendapatkan ampunan dosa dari Allah SWT. Maka sudah sewajarnya para sahabat tersebut bersedih karena khawatir belum bisa mendapatkan ampunan selama bulan ramadhan.


Para sahabat meluapkan ketakutannya tidak mendapatkan ampunan dari Allah SWT seraya berdoa “wahai Ya Rab kami… terimalah puasa kami, sholat kami, ruku’ kami, serta sujud kami dan tilawah kami. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”


Doa tersebut bukan semata – mata doa akhir ramadhan, akan lebih baik lagi jika doa itu dilakukan selama bulan ramadhan, terutama pada 10 hari terakhir bulan ramadhan.



Jika kalian sibuk mempersiapkan segala sesuati yang berkaitan dengan momen lebaran, berbeda dengan para sahabat yang sibuk memenuhi makanan rohaniah nya dengan beribadah bersungguh – sungguuh sepanjang siang dan terlebih lagi pada waktu malam dan lebih gencar lagi pada momen 10 hari terakhir bulan ramadhan.


Jika kalian mengalokasikan banyak uang dan waktu untuk berbelanja kebutuhan lebaran termasuk beli baju, beli perabotan rumah, para sahabat dan salafus shalih lebih banyak menghabiskan wartu beliau dengan pakaian taqwa.


Doa Dan Harapan Di Momen Ramadhan 1440 H




Jadi masih ada waktu buat kita semua sebelum ramadhan 1440 H ini pergi yaitu dengan lebih banyak berdoa dan berharap dengan sungguh- sungguh agar ibadah yang telah kita jalankan selama 28 hari belakangan ini diterima oleh Allah SWT dan kita masih bisa diberi kesempatan untuk bertemu dengan ramadhan tahun depan.


Tidak ada salahnya kita berdoa seperti apa yang dilakukan oleh para sahabat dan salafus shalih.. “Wahai Ya Rab kami… terimalah puasa kami, sholat kami, ruku’ kami, serta sujud kami dan tilawah kami. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”.









Artikel ini saya ikutsertakan dalam Day 29 - Blogger Challenge yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan selama 30 hari di bulan Ramadan 1440 H.



















Tidak ada komentar

Posting Komentar

Thanks for your positive comment..

Don't Miss
Copyright © 2018 Misterransel.com All Rights Reserved
made by templateszoo