Responsive Ad Slot

Latest

latest

Ultra Mikro dan UMKM Indonesia Terus Tumbuh Hebat dan Kuat Bersama KUPEDES BRI

128 Tahun BRI untuk Indonesia terus tumbuh hebat dan kuat. BRI memberikan produk unggulan KUPEDES yang ditujukan untuk membantu permodalan pelaku UMKM

Senin, 27 November 2023

/ by Misterransel
Ultra Mikro dan UMKM Indonesia Terus Tumbuh Hebat dan Kuat Bersama KUPEDES BRI | Pic. Misterransel


128 Tahun BRI untuk Indonesia terus tumbuh hebat dan kuat. Bahkan pasca pandemi hingga sekarang BRI (PT Bank Rakyat Indonesia) tercatat performa nya semakin meningkat terutama untuk kinerja di segmen ultra mikro dan UMKM nya.

Produk komersial andalan BRI untuk segmen mikro dan UMKM berupa KUPEDES menjadi salah satu primadona. KUPEDES bahkan digadang-gadang menjadi salah satu pendorong pertumbuhan kredit di BRI per kuartal III-2023 menjadi positif.

Adanya KUPEDES yang berlaku di semua sektor usaha yang meliputi usaha pertanian, perindustrian, pedagangan dan jasa ini mendukung semua kebutuhan seluruh masyarakat pedesaan seperti pembiayaan dalam dunia pendidikan, perbaikan tempat tinggal, untuk pembelian kendaraan hingga sebagai tambahan modal usaha.   

Dengan bunga yang sangat bersaing dan syarat yang mudah, KUPEDES menjadi layanan BRI terfavorit bagi masyarakat terutama yang dipedesaan untuk memenuhi semua kebutuhannya.


KUPEDES BRI | Source : BRI


Menilik data data dari Kementrian Koperasi dan UKM Indonesia, tahun 2019 jumlah UMKM mencapai 65.465.497 yang memberikan kontribusi sebesar 99.99%. Masih dari data yang sama, UMKM juga memberikan kontribusi dalam menyerap tenaga kerja sebesar 119.562.843 dan memiliki porsi nilai investasi sebesar 96.92 persen.

Jadi tidak mengherankan jika Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu pilah utama perekonomian Indonesia. Dan dari data tersebut bisa disimpulkan bahwa Indonesia memiliki potensi ekonomi yang kuat dikarenakan jumlah UMKM yang sangat banyak dan mempunyai peluang daya serap tenaga kerja yang sangat besar.




Data KemenkopUKM | Source: KemenkopUKM



Data KemenkopUKM | Source: KemenkopUKM


Data yang lebih menarik, bahwasannya hanya kisaran 25% dari seluruh UMKM yang sudah memiliki akses perbankkan. Hal ini dapat diartikan hanya sedikit UMKM yang sudah mendapatkan akses pembiayaan dari industri perbankkan. Sehingga peluang untuk masuk ke segmen tersebut masih terbuka sangat luas. Yang belum lagi ditambah dengan bertambahnya pelaku usaha yang upgrade atau naik kelas dari segmen ultra mikro menjadi mikro.


UMKM Batik Tulis Gik Watun Sidoarjo | Pic. Misterrnsel


Ibu Amik Pelaku Ultra Mikro UMKM Boyolali | Pic. Ibu Amik


Ultra Mikro UMKM "YoTumbas" | Pic. Ibu Amik


Seperti dikutip dari paparan Bank Indonesia bahwasannya kredit UMKM tumbuh 8,2% secara tahunan (YoY) menjadi Rp 1.332,9 Triliun yang jika dirinci untuk segmen mikro tumbuh positif 25,7% YoY, segmen kecil terkoreksi 1,3% YoY dan segmen menengah terkoreksi 5,3% YoY.

Dari data tersebut sepanjang 2023 hingga bulan September, segmen mikro dapat dikatakan sebagai motor penggerak pertumbuhan kredit UMKM di Indonesia.


Dari besarnya kesempatan untuk berkembang yang ada di sektor mikro tersebut, ternyata UMKM juga masih memiliki kekurangan. Sebagai contohnya banyak produk-produk UMKM yang tidak dikenal oleh masyarakat sehingga produk tersebut tidak terserap pasar. Contoh nyata adalah produk pertanian, ketika panen raya tidak terserap sepenuhnya oleh pasar, menjadikan harga barang tersebut menjadi anjlok.

Oleh karena itu diperlukan terobosan dan kerjasama dari berbagai pihak, kerjasama antara pemerintah, pelaku usaha dan sektor UMKM. Salah satu nya dari BRI yang memberikan kemudahan-kemudahan untuk nasabah nya baik yang di perkotaan maupun di pelosok pedesaan terutama di sektor UMKM.




UMKM Jamu Tradisional Sukoharjo | Pic. Misterransel

Menyasar banyaknya peluang UMKM yang terbuka lebar untuk tumbuh kuat dan hebat, BRI hadir untuk semua masyarakat Indonesia hingga ke pelosok pedesaan memberikan layanan kemudahan dengan menabung, mentransfer uang dan juga meminjam uang. Hal ini menjadikan BRI sebagai Pahlawan UMKM di Indonesia.

BRI memberikan produk unggulan KUPEDES yang ditujukan untuk membantu permodalan pelaku UMKM di pedesaan. Sehingga selama 128 tahun dengan slogannya “Melayani Setulus Hati” menjadikan Bank BRI mendapat tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia baik yang tinggal di perkotaaan dan pedesaan. Terlebih sekarang ini BRI menerapkan sistem Digitalisasi BRI menjadikan BRI semakin mantab. 

KUPEDES BRI menyasar sektor UMKM diantaranya disektor peternakan, pertanian dan perdagangan. Syarat pengajuannya pun bisa dikatakan sangat mudah, bahkan dengan plafon yang kecil dari BRI tidak mewajibkan adanya agunan.

Syarat Pinjaman KUPEDES BRI
Untuk persyaratan pengajuan pinjaman KUPEDES BRI ada 2 tipe persyaratan yang harus dipenuhi yaitu syarat dokumen dan syarat non dokumen.

Syarat Dokumen :

  • Fotocopi KTP
  • Fotocopi KK
  • Surat Keterngan Usaha
  • NPWP untuk pinjaman diatas 50 juta agunan

Syarat non dokumen :

  •      WNI
  •      Memiliki pekerjaan atau penghasilan
  •       Memiliki tabungan BRI
  •       Usaha sudah berjalan minimal 12 bulan

Jadi dari kedua persyaratan tersebut dapat disimpulkan untuk pengajuan pinjaman KUPEDES hal hal yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut :

  1. Dokumen Legalitas Usaha, seperti Surat Keterangan Usaha dari Kepala Desa, Lurah atau Pasar setempat. Dokumen ini diperlukan untuk bukti bahwa pemohon memiliki ijin usaha yang sah.
  2. Identitas diri berupa KTP, SIM dan KK. Dokumen ini diperlukan untuk verifikasi identitas sebagai pemohon.
  3. Pengalaman Usaha. Mempunyai pengalan usaha minimal 12 bulan menjadi salah satu persyaratan untuk pengajuan KUPEDES, hal ini dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa pemohon memiliki pemahaman dan pengalaman yang cukup dalam menjalankan usaha.


Kelebihan yang bisa didapatkan ketika memilih pinjaman KUPEDES BRI diantaranya selain proses pengajuan yang cepat, plafon pinjaman yang besar (bisa sampai 250 juta), suku bunga yang sangat ringan dan yang palig utama yaitu tidak adanya biaya administrasi dan biaya provisi. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa BRI benar-benar Pahlawan UMKM

Hal tersebut tentu saja sangat menguntungkan untuk masyarakat pelaku UMKM ataupun masyarakat yang tinggal di pedesaan yang mengandalkan penghasilannya dari hasil desa atau hasil UMKM.

Ketika pinjaman tersebut lolos dan berhasil, masyarakat bisa menggunakan uang tersebut untuk tambahan stimulus modal pengembangan usaha.



Tabel Angsuran KUPEDES BRI 2023 | Source: BRI



Nb :

Diharapkan selalu waspada dan berhati-hati terhadap segala modus penipuan yang mengatasnamakan BRI.

Untuk informasi selengkapnya dapat langsung menghubungi sosial media resmi BRI yang terverified dengan centang biru, atau bisa juga langsung menanyakan di Customer Service kantor cabang atau unit BRI terdekat. Hal ini dimaksudkan agar nantinya petugas BRI dapat memberikan segala informasi yang palig update secara gamblang dan lengkap.

 

Artikel ini dibuat untuk BRI Writefest 2023
#BRI #BRIWriteFest2023 #MemberiMaknaIndonesia


Next Story Posting Lama Beranda

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Thanks for your positive comment..

Don't Miss
Copyright © 2018 Misterransel.com All Rights Reserved
made by templateszoo