Responsive Ad Slot

Latest

latest

Menu Piring Gizi Seimbang Untuk Kesehatan Saya

Menu seimbang adalah menu yang terdiri dari beraneka ragam makanan dalam jumlah dan porsi yang sesuai sehingga memenuhi kebutuhan gizi seseorang guna pemeliharaan dan perbaikan sel-sel tubuh dan proses kehidupan serta pertumbuhan dan perkembangan. Seberapa banyak kebutuhan gizi tiap orang tentunya berbeda, tergantung usia, jenis kelamin dan aktivitas yang dilakukan. Dan menurut piring gizi seimbang SO GOOD, komposisi makanan dengan gisi seimbang harus mengandung porsi 15% protein, 15% buah, 35 % sayur, serta 35% panganan sumber karbohidrat.

Senin, 26 Maret 2018

/ by Yosh Chasez
Menu Piring Gizi Seimbang Untuk Kesehatan Saya
Bahan Masakan Menu Piring Gizi Seimbang | Pic. Misterransel

Sebenarnya, penting nggak sih mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang??

Pertanyaan itu terbersit begitu saja ketika saya lagi bengong melihat beberapa obat ada didepan mata yang siap masuk kedalam mulut saya. Beberapa hari yang lalu saya didiagnosis oleh dokter sedang menderita sakit yang kata orang itu penyakit yang “nggak banget..”

Hayo, coba tebak ??




Menu Piring Gizi Seimbang Untuk Kesehatan Saya
Obat-obatan | Pic. Misterransel



Waktu itu pak dokter bilang penyakit saya itu pada umumnya disebabkan oleh faktor pola hidup yang tidak sehat dan memakan makanan dengan gizi yang tidak seimbang, padahal menurut saya sih yang saya makan ya wajar-wajar saja. Tapi, dengan melihat banyaknya obat yang ada didepan saya seperti sekarang ini, mau nggak mau ya memang seperti itu kondisi nya, memang seperti itu diagnosisnya kalau selama ini ada yang salah dengan pola hidup saya, makan dengan makanan yang gizinya tidak seimbang.


Terus jadi deh mulai berpikir, apa sih sebenarnya gizi seimbang itu??


Pikiran saya langsung kembali ke masa-masa SD pelajaran IPA kalau makanan itu pada hakikinya sebagai sumber energi dan zat pembangun dalam tubuh manusia. Makanan yang dimakan sehari-hari akan memberikan dampak yang cukup besar untuk ketahanan dan pertumbuhan baik tulang dan gigi, karena dari makanan yang dimakan akan mempengaruhi perkembangan sel, jaringan organ dan tubuh manusia. Jadi semisal tubuh kita kemasukan bahan makanan yang mengandung toksin maka akibatnya tubuh akan bereaksi serta bisa memicu kerusakan pada bagian tubuh tertentu untuk jangka panjangnya. Tanpa makanan tubuh pun tidak akan bisa bekerja dengan baik, badan pun tidak akan berkembang serta tumbuh dan bekerja dengan baik.


Jadi makin mikir nih...



Setelah klik sana klik sini, baca sana baca sini, ketemu artikel tentang piring gizi seimbang yang sedikit membuka mata dan pikiran saya tentang pentingnya gizi seimbang. Di artikel itu mendeskripsikan bahwa menu seimbang adalah menu yang terdiri dari beraneka ragam makanan dalam jumlah dan porsi yang sesuai sehingga memenuhi kebutuhan gizi seseorang guna pemeliharaan dan perbaikan sel-sel tubuh dan proses kehidupan serta pertumbuhan dan perkembangan. Seberapa banyak kebutuhan gizi tiap orang tentunya berbeda, tergantung usia, jenis kelamin dan aktivitas yang dilakukan. Dan menurut piring gizi seimbang SO GOOD, komposisi makanan dengan gisi seimbang harus mengandung porsi 15% protein, 15% buah, 35 % sayur, serta 35% panganan sumber karbohidrat. ((Noted dan langsung tandai..))




Menu Piring Gizi Seimbang Untuk Kesehatan Saya
Panduan Piring Gizi Seimbang SO GOOD | Pic. SO GOOD

Menu Piring Gizi Seimbang Untuk Kesehatan Saya
Cara Menghitung Porsi Makan Prinsip Gizi Seimbang | Pic. Misterransel


Ada empat pilar prinsip yang harus dipenuhi untuk menunjang pedoman gizi seimbang diantaranya :

  1. Prinsip mengonsumsi makanan yang beragam. Mengkonsumsi makanan yang beragam sangatlah penting untuk menunjang semua zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Untuk orang dewasa pastinya beda dengan bayi yang baru lahir sampai usia 6 bulan, kalau orang dewasa wajib mengkonsumsi makanan yang beragam, sementara bayi cukup satu jenis makanan yaitu ASI.
  2. Prinsip membiasakan perilaku hidup bersih. Perilaku hidup bersih sangat terkait dengan prinsip Gizi Seimbang, sebagai contohnya bisa mencuci tangan sebelum makan dan mencuci bahan-bahan makanan sebelum diolah.
  3. Prinsip melakukan aktivitas fisik. Dengan tujuan agar seimbang antara gizi yang masuk kedalam tubuh dengan energi yang dikeluarkan oleh tubuh.
  4. Prinsip mempertahankan serta memantau Berat Badan (BB) dalam hitungan batas normal. Dengan memantau berat badan normal, apabila dikemudian hari terindikasi penyimpangan maka dengan mudah dapat dilakukan langkah-langkah pencegahan dan penanganannya. Karena berat badan normal itu menjadi hal penting yang merupakan bagian dari pola hidup dengan gizi seimbang.

Dari empat pilar itu pada intinya bisa diambil pesan baik dari penerapan Pola Gizi Seimbang, diantaranya :

  • Mensyukuri dan menikmati anekaragam makanan
  • Membiasakan banyak makan sayuran dan cukup buah-buahan
  • Membiasakan mengonsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi
  • Membiasakan mengonsumsi anekaragam makanan pokok
  • Membatasi konsumsi pangan manis, asin dan berlemak
  • Membiasakan sarapan
  • Membiasakan minum air putih yang cukup dan aman
  • Membiasakan membaca label pada kemasan pangan
  • Membiasakan mencuci tangan pakai sabun dengan air bersih mengalir
  • Membiasakan melakukan aktivitas fisik yang cukup dan pertahankan berat badan normal

Dan sepertinya saya belum menerapkan sepenuhnya akan pesan-pesan Pola Gizi Seimbang. PR banget nih buat saya..


Jadi, masih terngiang-ngiang akan menu piring gizi seimbang, langsung deh saya mau masak Chicken SO GOOD Honey Lemon Sauce With Vegetable and Mashed Potato. Berlagak kayak chef dulu, padahal kenyataannya ya masak sendiri trus dimakan sendiri..


Chicken SO GOOD Honey Lemon Sauce With Vegetable And Mashed Potato



Menu Piring Gizi Seimbang Untuk Kesehatan Saya
Chicken SO GOOD Honey Lemon Sauce With Vegetable And Mashed Potato | Pic. Misterransel

Bahan :

  • 400 gr ayam potong mentah SO GOOD
  • 1 siung bawang putih dihaluskan
  • ½ sendok teh garam
  • ¼ sendok teh merica bubuk
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan pencelup :

  • 100 ml air es
Bahan Pelapis (aduk rata) :

  • 75 gram maizena
  • ½ sendok teh garam
  • ¼ sendok teh merica bubuk
Bahan Saus :

  • 250 ml air mineral
  • 1 buah bawang putih memarkan dan cincang kasar
  • 1 cm ruas jahe memarkan dan cincang kasar
  • ¾ sendok teh garam
  • 1 ½ sendok teh gula pasir
  • 2 sendok makan madu
  • 2 sendok teh air lemon
  • parutan kulit lemon secukupnya
  • 2 sendok teh maizena dan 1 sendok makan air, larutkan sisihkan
  • 2 sendok teh wijen untuk taburan
Cara Membuat :
  1. Rebus ayam potong mentah SO GOOD, angkat dan sisihkan, biarkan dingin.
  2. Ayam SO GOOD yang sudah dingin tadi dilumuri dengan campuran bawang putih yang dihaluskan, garam dan merica bubuk, kemudian sisihkan dan biarkan meresap kurang lebih selama 30 menit.
  3. Celupkan ayam ke dalam bahan pencelup lalu gulingkan diatas bahan pelapis.
  4. Goreng di dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan
  5. Saus, didihkan air bersama bawang putih, jahe, garam dan gula pasir sampai harum. Masukkan madu, air lemon dan parutan kulit lemon. Aduk rata. Kentalkan dengan larutan maizena. Aduk rata hingga meletup-letup.
  6. Masukkan ayam, aduk rata hingga ayam terbalut bumbu saus lemon.
  7. Sajikan setelah ditaburi wijen.
  8. Sajikan dengan irisan buah segar dan air mineral untuk melengkapi Menu Piring Gizi Seimbang.



RUNDOWN PIC STEP BY STEP


Menu Piring Gizi Seimbang Untuk Kesehatan Saya
Siapkan bahan yang diperlukan | Pic. Misterransel


Menu Piring Gizi Seimbang Untuk Kesehatan Saya
Rebus ayam potong SO GOOD, tiriskan dan dinginkan. | Pic. Misterransel


Menu Piring Gizi Seimbang Untuk Kesehatan Saya
Lumuri ayam, celupkan ayam ke dalam bahan pencelup
lalu gulingkan diatas bahan pelapis. | Pic. Misterransel

Menu Piring Gizi Seimbang Untuk Kesehatan Saya
Goreng dengan api sedang hingga matang dan berwarna kecoklatan | Pic. Misterransel

Menu Piring Gizi Seimbang Untuk Kesehatan Saya
Siapkan bahan saus honey lemon | Pic. Misterransel

Menu Piring Gizi Seimbang Untuk Kesehatan Saya
Didihkan bahan saus hingga meletup-letup | Pic. Misterransel

Menu Piring Gizi Seimbang Untuk Kesehatan Saya
Masukkan ayam kedalam saus honey lemon | Pic. Misterransel

Menu Piring Gizi Seimbang Untuk Kesehatan Saya
Aduk hingga tercampur rata | Pic. Misterransel

Menu Piring Gizi Seimbang Untuk Kesehatan Saya
Sajikan dengan ditaburi wijen | Pic. Misterransel

Menu Piring Gizi Seimbang Untuk Kesehatan Saya
Chicken SO GOOD Honey Lemon Sauce With Vegetable And Mashed Potato | Pic. Misterransel

Menu Piring Gizi Seimbang Untuk Kesehatan Saya
Chicken SO GOOD Honey Lemon Sauce With Vegetable And Mashed Potato | Pic. Misterransel

Menu Piring Gizi Seimbang Untuk Kesehatan Saya
Chicken SO GOOD Honey Lemon Sauce With Vegetable And Mashed Potato | Pic. Misterransel

Menu Piring Gizi Seimbang Untuk Kesehatan Saya
Chicken SO GOOD Honey Lemon Sauce With Vegetable And Mashed Potato | Pic. Misterransel

Menu Piring Gizi Seimbang Untuk Kesehatan Saya
 Chicken SO GOOD Honey Lemon SauceWith Vegetable And Mashed Potato | Pic. Misterransel

Menu Piring Gizi Seimbang Untuk Kesehatan Saya
 Chicken SO GOOD Honey Lemon Sauce With Vegetable And Mashed Potato | Pic. Misterransel


Yahhh sebenarnya intinya itu cuma satu, cuma mau bilang kalau saya itu lagi sakit Ambeien Dalam. Penyakit yang bisa hinggap disebagian besar masyarakat yang menghiraukan akan pentingnya makanan sehat, yang lebih memilih makanan instan dan murah dengan dalih efisiensi waktu dan ekonomi. Yang tidak menyadari bahwa makanan-makanan instan, maupun makanan yang mengandung pemanis dan pengawet buatan seperti yang banyak beredar dipasaran menyebabkan tingkat kesehatan menurun yang menicu penyakit berbahaya dalam jangka panjang. Karena itu, kalau kamu tidak mau sakit segera penuhi menu piring gizi seimbangmu untuk menjaga kesehatanmu.


Jadi, kapan kamu kerumah saya?? Nanti saya masakin menu piring gizi seimbang.. 
Biar sesekali saya ada teman untuk menghabiskan masakan saya.


Menu Piring Gizi Seimbang Untuk Kesehatan Saya
Struk pembelian ayam potong SO GOOD | Pic. Misterransel



Artikel ini diikutsertakan pada lomba blog Menu Piring Gizi Seimbang #BPNxSoGoodPiringGiziSeimbang


( Hide )
  1. Ciyus nih mo masakin ayam so good saus lemon klo ke rumah?. Siap bawa pasukan ini.

    BalasHapus
  2. Udah berapa puluh purnama ya ga ke rumah itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin malah udah lupa jalan masuknya..
      Udah terlalu lama sih.

      Hapus
  3. Pria yang pinter masak itu buatku sexy banget...haha
    By the way, pengen niru resepnya ih buat anak-anakku

    BalasHapus
  4. Kesehatan itu emang berawal dari gaya hidup, dan salah satunya dari makanan dengan gizi seimbang ya mas.

    BalasHapus
  5. hmmm ennaaakkk... bagus liat potonya pasti makananya enak. yg pasti tetap bergizi ya 😀

    BalasHapus

Thanks for your positive comment..

Don't Miss
Copyright © 2018 Misterransel.com All Rights Reserved
made by templateszoo