Responsive Ad Slot

Latest

latest

Tips dan Trik Merajut Amalan Puasa di Bulan Ramadhan

Pada bulan ramadhan semua amalan – amalan yang dijalankan akan dilipat gandakan pahalanya, setan – setan juga terbelenggu dan semua umat muslim diperintahkan untuk lebih fokus dalam beribadah.

Jumat, 24 Mei 2019

/ by Misterransel

Tips dan Trik Merajut Amalan Puasa di Bulan Ramadhan


Bulan Ramadhan, kita tahu bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan dalam penanggalan hijriyah yang sangat ditunggu – tunggu oleh semua umat muslim. Pada bulan ini semua amalan – amalan yang dijalankan akan dilipat gandakan pahala nya, setan – setan juga terbelenggu dan semua umat muslim diperintahkan untuk lebih fokus dalam beribadah.

Sebagaimana yang sudah difirmankan oleh Allah SWT dalam QS Al Baqarah : 183 yang artinya “Wahai orang – orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang – orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”, menjadikan bulan ramadhan menjadi bulan yang sangat spesial bagi umat muslim.

Yukkkkk
kita rajut amalan – amalan puasa di bulan ramadhan dengan sebaik - baiknya…

Di bulan ramadhan Allah SWT menurunkan Al Quran pada salah satu malam, yang menjadikan malam tersebut menjadi sangat spesial yaitu malam Lailatul Qadar. Pada malam Lailatul Qadar, malaikat Jibril bersama malaikat lainnya turun ke bumi untuk mencurahkan segala rahmat dan hidayah Allah SWT sampai fajar tiba.

Dari beberapa literatur Rasulullah SAW sudah memberikan banyak contoh bahwasannya beliau mengkonsentrasikan semua kegiatan dan aktifitasnya di masjid dengan I’tikaf terutama pada sepuluh hari terakhir dan malam ganjil pada bulan ramadhan.



Tips dan Trik Merajut Amalan Puasa di Bulan Ramadhan
Tadarus Al Quran



Selain itu di bulan ramadhan pula wahyu pertama Al Quran diturunkan dari malaikat Jibril kepada Rasulullah SAW yaitu surat Al Alaq ayat 1-5 yang kita kenal dengan Nuzul Al Quran. Jadi karena keistimewaan bulan ramadhan itulah setiap amal kebaikan sekecil apapun yang dilakukan oleh umat muslim akan mendapatkan pahala yang berlimpah, akan mendapatkan pahala yang lebih besar bila disbanding dengan pahala amal kebaikan yang sama yang dilakukan selain di bulan ramadhan. Baik amal perbuatan yang menyangkut hablumminallah dan hablumminannas.

Segala amal kebaikan yang dilakukan di bulan ramadhan akan mendapat pahala 70 kali lipat bila dibanding dengan amalan yang dilakukan selain bulan ramadhan. Selain itu jika kita melakukan amalan puasa di bulan ramadhan mendapatkan keuntungan diampuni dosa – dosa yang telah lampau. Dan setelah ramadhan umat muslin diberi anugerah yang luar biasa untuk kembali ke fitrah Idul Fitri.

Hanya saja semua keistimewaan – keistimewaan bulan ramadhan hanya akan didapatkan oleh umat muslim yang berpuasa dengan sebenarnya dan juga yang bisa memanfaatkan bulan ramadhan dengan sebaik – baiknya.


Tips dan Trik Merajut Amalan Puasa di Bulan Ramadhan
Puasa



Untuk merajut amalan – amalan puasa di bulan ramadhan, begini tips dan triknya…
  1. Puasa di bulan ramadhan bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan jika kita bisa mengakhirkan makan sahur dan dengan tidak berlebihan, menyegerakan buka puasa jika waktu buka puasa tiba dan untuk ini sudah di sunnahkan untuk berbuka dengan makanan yang manis, kemudian sholat maghrib dan dilanjutkan dengan menyantap makan besar dengan porsi yang tidak berlebihan dan dilanjutkan dengan sholat isya dan tarawih.
  2. Dengan puasa akan melatih dan menjaga kita dari hal – hal yang negatif. Hindari hal – hal yang bisa membatalkan puasa dan mencegah hal – hal yang dapat merusak pahala yang akan kita dapatkan diantaranya berbohong, menggunjing, memprovokasi, memfitnah, marah, dan melihat hal - hal dengan syahwat .
  3. Lakukan ibadah sholat tarawih pada malam hari, karena dengan tarawih, selain kita akan mendapatkan pahala yang melimpah, tubuh kita akan ikut melakukan metabolisme jika kita dalam keadaan bergerak.
  4. Perbanyak membaca tadarus Al Quran, dzikir dan I’tikaf, terutama jika sudah memasuki sepuluh hari terakhir dalam bulan ramadhan.
  5. Perbanyak sedekah ke sesama meskipun dengan hal –hal yang simpel seperti menyiapkan menu berbuka dan memberi takjil kepada seorang untuk berbuka puasa.
  6. Perbanyak ibadah pada satu malam di bulan ramadhan terutama pada sepuluh hari terakhir agar mendapatkan keistimewaan malam Lailatul Qodar, fokus utama pada malam ke-27
  7. Jangan lupa membayar zakat fitrah
  8. Di saat Idul Fitri, gunakan sebaik-baiknya untuk bersilaturahimdan saling memaafkan kepada sesama agar kita bersih dari dosa - dosa hablumminannas. Dengan puasa dan ibadah tarawih diharapkan dosa – dosa habluminallah akan terampuni dan dengan idul fitri dosa – dosa hablumminannas akan dilebur.




Tidak ada komentar

Posting Komentar

Thanks for your positive comment..

Don't Miss
Copyright © 2018 Misterransel.com All Rights Reserved
made by templateszoo