Responsive Ad Slot

Latest

latest

Kegiatan Positif Saat Ramadhan

Banyak pelajar ataupun para pekerja yang hanya berdiam diri dirumah jika sedang puasa. Bahkan waktu banyak digunakan hanya untuk tidur tanpa melakukan kegiatan lain. Memang benar jika tidurnya orang yang berpuasa akan mendapatkan pahala, akan tetapi tidak semestinya juga semua waktu dihabiskan untuk tidur. Terkadang ada beberapa orang yang melakukan beberapa kegiatan, namun dirasa nggak sedikit juga diantara mereka yang merasa bosan dengan kegiatan itu – itu saja.

Jumat, 31 Mei 2019

/ by Misterransel

Kegiatan Positif Saat Ramadhan


Euforia ramadhan sekarang ini menjangkiti setipa umat muslim di Indonesia bahkan umat muslim seluruh dunia. Semua berlomba – lomba melakukan yang terbaik untuk mendapatkan pahala yang sebanyak – banyaknya. Tak sedikit pula orang- orang yang merasa bingung mau ngapain jika ada watu kosong saat bulan ramadhan. Jika kamu seorang pekerja pastinya akan ada pengurangan jam kerja, pun halnya dengan kamu jika masih pelajar, waktu libur puasa akan semakin banyak.



Banyak pelajar ataupun para pekerja yang hanya berdiam diri dirumah jika sedang puasa. Bahkan waktu banyak digunakan hanya untuk tidur tanpa melakukan kegiatan lain. Memang benar jika tidurnya orang yang berpuasa akan mendapatkan pahala, akan tetapi tidak semestinya juga semua waktu dihabiskan untuk tidur. Terkadang ada beberapa orang yang melakukan beberapa kegiatan, namun dirasa nggak sedikit juga diantara mereka yang merasa bosan dengan kegiatan itu – itu saja.


Di bulan puasa banyak yang melakukan kegiatan yang dapat memperbanyak pahala, namun dikarenakan kondisi saat puasa cenderung akan menjadi lemas dan letih yang berakibat orang – orang itu sedikit bermalas – malasan untuk melakukan kegiatan yang lainnya.



Kegiatan Positif Saat Ramadhan





Berikut beberapa kegiatan positif yang dapat menjadi inspirasi kamu untuk dilakukan selama bulan ramadhan.


Membaca Buku
Salah satu kegiatan simple dan mudah yang dapat dilakukan oleh semua orang adalah membaca buku. Selain menjadi kegiatan postif selama bulan ramadhan, membaca buku bisa juga menambah wawasan. Dengan membaca buku, ilmu – ilmu yang belum diketahui akan segera diketahui.


Berjualan Menu takjil dan Menu Buka Puasa
Kegiatan positif lain yang dapat dilakukan selama bulan ramadhan adalah berjualan menu takjil dan menu buka puasa. Dengan modal yang relatif sedikit, kamu bisa mencoba untuk berwirausaha kecil – kecilan dengan berjualan menu takjil dan menu buka puasa. Kolak, buah – buahan, es buah merupakan beberapa contoh menu takjil yang bisa kamu jual. Dan kamu bisa juga menjual aneka macam sayur rumahan sebagai menu buka puasa. Dengan modal yang relatif kecil, niscaya kamu juga bisa melatih jiwa wirausaha dengan berjualan menu takjil dan menu berbuka puasa.


Berkreasi Membuat Kue Lebaran
Berkereasi membuat kue lebaran juga bisa menjadi salah satu alternatif kegiatan positif kamu selama bulan ramadhan. Daripada kamu merasa suntuk seharian menahan haus, lapar dan semua yang membatalkan puasa, akan lebih baik jika kamu berkreasi membuat kue lebaran. Dengan membuat kue lebaran sendiri akan dapat meningkatkan daya kreatifitas kamu. Sisi positif lain dari berkreasi membuat kue lebaran adalah jika nanti saat lebaran tiba kamu bisa menyajikan kue – kue kamu ke meja ruang tamu untuk bisa dinikmati oleh semua tamu yang datang bersilaturahmi. Dengan demikian mereka akan mengetahui nilai rasa produksi kua kamu, sehingga akan menjadikan peluang buat kamu untuk memulai bisnis jajanan kuliner.


Membersihkan Rumah dan Mendekorasi Ruang Tamu Rumah
Puasa tidak bisa diartikan bermalas – malasan tidak melakukan kegiatan. Justru dengan puasa sangat dianjurkan melakukan kegiatan agar tetap bergerak. Dengan melakukan kegiatan ringan seperti membersihkan rumah sedikit demi sedikit dan mendekorasi ruang tamu rumah bisa menjadi kegiatan positif yang dapat kamu lakukan. Dengan demikian pada saat lebaran tiba, rumah kamu akan menjadi bersih dan nyaman.


Mengikuti Kajian Agama
Jika kamu malas melakukan kegiatan positif dirumah, kamu bisa juga melakukan kegiatan positif lainnya di luar rumah seperti menghadiri pengajian dan mengikuti kajian agama. Dengan mengikuti kegiatan tersebut kamu akan mendapatkan siraman rohani yang positif agar bisa lebih dekat dengan Allah SWT. Dengan mengikuti kegiatan pengajian dan kajian agama, kamu bisa meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT untuk menjadi lebih baik kedepannya.


Sedekah
Sudah pasti dengan bersedekah pahala – pahal yang didapat akan dilipat gandakan. Oleh karena itu memperbanyak sedekah pada saat bulan ramadhan sangat sianjurkan.


Bersilaturahim
Bersilaturahim pada saat bulan ramadhan salah satunya dengan kegiatan buka bersama menjadi kegiatan favorit. Dengan bersilaturahim akan mempererat tali persaudaraan antar sesama keluarga, teman, kerabat. Selain itu kegiatan bersilaturahim pada saat buka puasa bersama juga bisa saling bertukar pengalaman dan bertukar positif satu dengan yang lain. Jadi, kegiatan silaturahim tidah melulu hanya dilakukan pada saat lebaran. Kegiatan silaturahim juga bisa dilakukan pada saat masih memasuki bulan ramadhan yaitu dengan kegiatan buka bersama.








Artikel ini saya ikutsertakan dalam Day 26 - Blogger Challenge yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan selama 30 hari di bulan Ramadan 1440 H.
















Tidak ada komentar

Posting Komentar

Thanks for your positive comment..

Don't Miss
Copyright © 2018 Misterransel.com All Rights Reserved
made by templateszoo