Friday, 6 October 2017

Nasi Bakar Omah Gentong, Citarasa Kekunoan Yang Kekinian

Nasi Bakar Omah Gentong, Citarasa Kekunoan Yang Kekinian


NASI BAKAR ...

Mungkin kata itu sudah tidak asing lagi buat kita semua.. Karena sekarang ini banyak sekali resto maupun warung makan yang menyediakan menu kuliner yang satu ini. Akan tetapi cara unik dan cita rasa yang berbeda, membuat nasi bakar menjadi salah satu menu yang diminati oleh banyak orang. Apakah Anda juga termasuk peminat nasi bakar??

Nasi bakar bisa dibilang makanan yang cukup sederhana tetapi selalu menarik untuk dicicipi. Tidak hanya kuat dengan kesan alaminya yang menggunakan daun pisang sebagai pembungkus nasinya, tetapi bau hangus dari daun pisang yang terbakar juga menambah aroma nikmat yang sangat menggugah selera.

Tidak ada yang tahu secara pasti dari mana asal-muasal makanan yang mulai populer sekitar tahun 2008 lalu itu. Namun, setiap kali mendengar kata nasi bakar, pikiran kita langsung melayang dan tertuju pada sekepal nasi gurih yang dibungkus menggunakan daun pisang.. Sekepal nasi yang biasanya diisi dengan suwiran ayam, ikan, teri, sayuran bahkan kadang juga ditaburi pete. Ulalaaaaa….

Saat ini cukup banyak variasi nasi bakar tergantung dari kreativitas masing-masing pembuatnya. Untuk proses pembuatan nasi bakar sebenarnya tidak terlalu rumit.. Nasi goreng atau bisa dibilang nasi bumbu yang sudah matang dikepal sesuai porsi makan kemudian diatasnya beri toping bermacam-macam lauk seperti ikan, ayam, udang bahkan pete dan kemudian dibungkus menggunakan daun pisang yang sudah disiapkan sebelumnya. Setelah bungkusan dilipat, nasi kemudian dibakar di atas panggangan selama lebih kurang 10 menit. Saat daun pisang mulai layu dan beberapa bagian menjadi kering kecoklatan, nasi diangkat kemudian dihidangkan selagi hangat.. Dengan asap yang masih mengepul dan menebarkan bau harum menambah nikmat dalam menyantap nasi bakar. Dengan ditambah sambal, emntimun segar dan daun kemangi sebagai lalapan dipastikan sensasi menyantap nasi bakar menjadi tambah ulala.. He5x..

Di tengah cuaca sejuk panas, menyantap sebungkus nasi bakar dirasa sangat tepat.. meskipun sudah dingin, aroma dan kenikmatan nasi bakar pun tak lenyap..


Salah satu sudut dekorasi Omah Gentong

Di Solo ada sebuah rumah makan yang menyediakan menu nasi bakar ini, Omah Gentong namanya. Letaknya di Jalan Adi Soemarmo no 334 Klodran membuat rumah makan ini mudah dijangkau. Untuk ancer-ancernya biar lebih gampang, dari lampu merah Alila cukup berjalan mengarah ke utara hingga melewati perempatan fajar indah. Lalu ke utara lagi sampai di lapangan fajar indah kemudian mengarah lagi ke utara.. nah.. Rumah makan Omah Gentong persis terletak d ujung jalan dengan papan nama yang cukup besar.

Tempatnya bisa dibilang cukup enak dan nyaman. Ada beberapa meja yang didesign artistik cukup untuk kapasitas 10 orang. Ada juga meja-meja yang lebih kecil yang cukup untuk beberapa orang yang membuat suasana lebih intim. Sementara untuk dapurnya sendiri berada di ujung belakang, dan tempat parkirnya juga lumayan lega.

Sudut kursi Omah Gentong
Sudut Kursi Omah Gentong dengan ornamen etnik
Sudut makan Omah Gentong dengan ornamen etnik
Sisi tengah Omah Gentong menuju parkir belakang yang luas
Sudut makan Omah Gentong dengan ornamen etnik

Jika bicara soal menu, di Omah Gentong ini tentu saja menu favoritnya adalah nasi bakar dengan berbagai macam variasi lauk. Selain menu nasi bakar, tersedia juga menu lainnya, ada menu bebek, ikan, ayam dan beraneka minuman mulai dari jus buah, kelapa muda, teh, jeruk, hingga minuman lainnya baik es maupun hangat.

Daftar Menu dengan harga yang terjangkau
Nasi bakar menu andalan Omah Gentong
Nasi bakar ayam
Nasi bakar udang
Nasi bakar pete
Gurame saus pedas
Kakap saus asam manis
Mie hot plate
Fire wings cheese saus

Cukup dengan uang Rp 6.000,- s/d Rp 9.000,- Anda bisa menikmati kenikmatan nasi bakar yang ciamikkk.. Dan akan makin lengkap jika ditemani dengan segelas teh tawar atau teh manis panas.

Jadi, masih mau melewatkan akhir pekan ini tanpa menyantap nasi bakar di Omah Gentong bersama teman atau keluarga????



_________________________________________________


OMAH GENTONG RESTO

Alamat : Jl. Adi Sumarmo No.334, Klodran, Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57172
Jam buka : Hari ini buka · 10.00 – 21.00 WIB
Telepon : (0271) 743883








Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Thanks for your positive comment..