Tuesday, 24 May 2011

Redam Stres dengan Susu dan Yoghurt

Akhir – akhir ini tubuh sering terasa pegal, mata berat, sakit kepala dan sulit tidur? Mungkin itu tanda – tanda tubuh mengalami stres. Kalau sedikit cermat dalam memilih makanan, ada beberapa bahan alami yang bisa membantu tubuh dan pikiran lebih santai dan nyaman.

Pekerjaan yang menumpuk, jalanan yang macet, beban pekerjaan yang tinggi bisa menjadi pemicu tubuh menjadi letih. Kadang istirahat saja tidaklah cukup. Cobalah memilih makanan sehat alami yang bisa membuat otak lebih santai.

Beberapa jenis makanan berikut bisa dicoba, tidak perlu takut akan kelebihan kalori saat memakannya, karena beberapa jenis makanan ini cukup sehat dikonsumsi meskipun sering dimakan.

Vitamin dan mineral
Carilah makanan yang mengandung vitamin A, B, dan C, serta mangan, selenium dan zinc. Semua jenis nutrisi tersebut efektif mampu membunuh stres dan tidak menyebabkan kegemukan pada tubuh.

Buah dan sayur
Buah dan sayuran segar yang berwarna merah serta kuning seperti wortel, tomat, jeruk, strawberry dan paprika sangat baik sebagai sumber nutrisi. Vitamin C yang terkandung pada buah dan sayur tersebut, secara alami bisa menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh saat sedang stres.

Produk susu dan olahannya
Susu merupakan sumber yang baik akan trytophan, yang diperlukan untuk sintesis serotonin yang bisa mencegah stres. Pilihlah susu rendah lemak atau yogurt yang bisa membuat saraf stabil memiliki bakteri baik untuk menjaga kesehatan usus.

Minyak ikan
Makan minyak ikan seperti salmon, makarel, sarden, dan tuna. Merupakan sumber omega-3 asam lemak yang tidak hanya penting untuk kesehatan jantung tapi juga baik untuk mencegah stres dalam jangka panjang.

Aprikot kering
Jika sedang stresscobalah untuk mengunyah beberapa aprikot kering. Sebab buah satu ini kaya akan magnesium yang sudah terbukti ampuh mencegah stress. Magnesium juga mampu membuat otot kendur secara alami dan mampu meredakan ketegangan pada otot yang sering timbul saat stres. Makan aprikot lebih sehat dibanding cokelat.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Thanks for your positive comment..